Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Lombok dengan ibukotanya Mataram, adalah sebuah pulau di Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang dipisahkan oleh Selat Lombok dari Bali, di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Topografi pulau ini di dominasi oleh Gunung Berapi Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3.726 meter diatas permukaan laut yang menjadikan Gunung Rinjani sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia.

Penduduk Pulau ini adalah Suku Sasak yang mendominasi sekitar 80% sebuah suku bangsa yang masih dekat dengan suku bangsa bali, tetapi sebagian besar memeluk agama Islam. Sisa penduduk adalah orang Bali, Jawa, Tionghoa dan Arab.

Disamping bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, penduduk pulau ini (terutama suku Sasak), menggunakan bahasa Sasak sebagai bahasa utama dalam percakapan sehari-hari. Bahasa Sasak dapat dijumpai dalam empat macam dialek yang berbeda yakni dialek Lombok utara , tengah, timur laut dan tenggara. Selain itu dengan banyaknya penduduk suku Bali yang berdiam di Lombok (sebagian besar berasal dari eks Kerajaan Karangasem), di beberapa tempat terutama di Lombok Barat dan Kotamadya Mataram dapat dijumpai perkampungan yang menggunakan bahasa Bali sebagai bahasa percakapan sehari-hari.

Dalam banyak hal Pulau ini mirip dengan Bali, dan pada dasawarsa tahun 1990-an mulai dikenal wisatawan mancanegara. Pada tahun 2007 sektor pariwisata adalah satu-satunya sektor yang berkembang.