Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Palai Rinuak Maninjau

Palai Rinuak Maninjau

Palai Rinuak Maninjau

Palai Rinuak Maninjau merupakan kuliner khas Maninjau yang selalu dicicipi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Maninjau. Palai Rinuak Maninjau dengan nama lain pepes ikan ini mengunakan ikan jenis rinuak. Ikan rinuak yang banyak ditemukan di Danau Maninjau merupakan ikan yang paling kecil, lebih kecil dari pada ikan teri Medan,
Palai rinuak terbuat dari ikan rinuak yang dicampur dengan parutan kelapa berbumbu. Berbagai bumbu adonan yang digunakan seperti bawang merah, bawang putih, dan daun bawang, lalu dibungkus dengan daun pisang yang kemudian dibakar ditungku pem­bakaran dengan api kecil.

Palai Rinuak Maninjau pengolahan nya memakai daun pisang ditambah bawang merah dan bawang putih serta sedidit cabe rawit sebagai bumbunya kemudian dibakar dengan bara api ini banyak ditemui di warung-warung pinggir jalan sekitar Maninjau dan menjadi oleh-oleh khas dari daerah ini.

Kelezatan Rinuak ini sangat membius bagi yang sudah mencicipinya, saking lezatnya beberapa pencipta lagu Minang menjadikan Palai Rinuak ini menjadi tema ciptaannya. Rinuak atau sebahagian masyarakat menyebutnya rinyuak ini hidup ditempat-tempat yang teduh dan berada agak kepermukaan air, biasanya ikan ini banyak keluar sehabis hujan atau disaat terik matahari. Uniknya ikan ini tidak bisa kita temukan ditempat lain, karena ia hanya bisa hidup didanau maninjau, danau yang berada di Sumatera Barat. Ikan rinuak tidak bisa bertahan lama hidup setelah ditangkap.

About the Author

Leave a Reply

*