Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Langkitang

Langkitang

Langkitang

Langkitang adalah jenis siput air tawar yang hidup didanau, sungai, hingga muara, cangkangnya hitam dan memanjang, sebesar kelingking. Kuliner ini diolah dengan cara digulai kering dengan santan kental dan cabai hijau sehingga kuahnya tinggal sedikit.

Langkitang salah satu makanan khas di Minang, hewan bercangkang yang menyerupai keong ini sangat lezat disantap sebagai teman mengobrol dipinggir pantai disore hari. Begitu juga dengan pensi sama – sama bercangkang tapi lebih menyerupai kerang, keduanya akan sangat lezat jika diolah dengan benar.

Kuliner ini terkenal dan banyak menyebar disepanjang pantai padang, kuliner ini cukup digemari masyarakat setempat juga masyarakat luar kota yang sedang berwisata ke pantai padang, selain harganya yang murah, kuliner ini juga makanan unik dan enak, cara makannya tidak seperti cara makan makanan lain yang langsung dimakan dengan sendok atau tangan, ketika memakannya yang pertama dilakukan adalah dengan menyedot dagingnya dengan mulut untuk mengeluarkan daging dari cangkangnya. Pengunjung bisa berwisata kuliner di kawasan ini karena dengan mudah menemukan penjual yang menjual berbagai macam makanan.

Harga Langkitang dan pensi di Pantai Padang termasuk makanan paket hemat, karena untuk satu porsinya cukup mengeluarkan uang sekitar 5 ribu rupiah, tetapi untuk wisatawan disarankan untuk bertanya dulu mengenai harga supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Makanan ini memang berasal dari Danau Maninjau, namun sekarang sudah banyak dijumpai atau dijual di pasar tradisional yang ada di Sumatra Barat, karena cukup populer sebagai camilan.

Langkitang dan pensi tidak hanya menjadi makanan favorit, tapi juga menjadi mata pencarian yang cukup menggiurkan jika ditekuni dengan baik. makanan ini baik untuk kesehatan jantung kita, begitupun dengan pensi juga baik untuk kalsium. Terlepas dari benar atau tidaknya khasiat tersebut, kuliner ini tetap menjadi buruan, ini dapat terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang ke Pantai Padang di sore hari yang mana rata-rata semua pedagang menjual langkitang dan pensi ditambah juga karupuak kuah (kerupuk pakai kuah sate).

 

 

 

About the Author

Leave a Reply

*