Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

PUNCAK LAWANG

Puncak Lawang merupakan nama suatu puncak dataran tinggi di Kabupaten Agam Sumatera Barat. Dari tempat ini, kita bisa melihat birunya Danau Maninjau. Puncak Lawang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Ini daerah puncak menuju Danau Maninjau. Dari sini kita dapat melihat pemandangan Danau Maninjau secara utuh. Puncak Lawang merupakan daerah perbukitan yang ditumbuhi oleh barisan pohon pinus. Cantik dan sejuk, itulah kesan pertama ketika kita menjejakkan kaki ke kawasan ini.

Puncak lawangPuncak Lawang berada di 1.210 mdpl. Di zaman penjajahan, tempat ini digunakan sebagai tempat peristirahatan bangsawan Belanda. Puncak Lawang sering digunakan untuk kejuaraan olahraga paralayang kelas internasional karena merupakan salah satu spot terbaik di Asia Tenggara.Untuk mencapai kawasan Puncak Lawang, kita akan melewati perjalanan dengan 44 belokan yaitu Kelok 44.

Fasilitas pendukung pariwisata di seputaran Puncak Lawang :

  • Lahan parkir yang luas , kios-kios souvenir, rumah makan, penginapan, musholla, toilet, areal untuk berkemah bagi yang ingin melakukan kegiatan camping. Di sini tersedia juga fasilitas permainan flying fox, jembatan ban, jembatan tali, panjat tali.

Dipuncak Lawang, ada beberapa lokasi (spot) yang dibuat oleh masyarakat setempat dimana kita bisa menikmati landscape Danau Maninjau tanpa harus ketempat wisata utama. Disini sudah disediakan gubuk gubuk dan kursi kursi sehingga kita bisa bersantai sambil menikmati indahnya danau Maninjau.

Dari atas Puncak lawang dapat terlihat keseluruhan Danau Maninjau dengan airnya yang bening seperti cermin raksasa. dipinggiran danau tampak perkampungan dengan puluhan tambaknya. Danau ini dikelilingi oleh bukit bukit terjal yang menjadi bukti bahwa danau ini adalah danau Vulkanik. Bersisian dengan bukit bukit yang mengelilingi danau, nampak awan menggantung dan seolah perlahan naik dari permukaan danau menuju ke langit.

Untuk menikmati keindahan Danau Maninjau, sangat disarankan untuk datang ke Puncak Lawang di sebelum tengah hari ( antara jam 9-10) karena bila datang kepagian atau terlalu siang, maka biasanya kawasan Puncak Lawang ini sudah tertutup dengan kabut tebal.

Keindahan Puncak Lawang dalam kondisi cuaca cerah, langit biru dan awan putih. Langit biru dihiasi awan seputih kapas yang seolah menggantung di atas kepala kita. Dan inilah “Negeri di atas Awan” itu. Sungguh menakjubkan bukan ?

Ayo berkunjung ke Sumatra Barat kami akan membawa anda ke tempat yang indah dan menakjubkan yang akan membuat hari-hari anda menjadi luar biasa , anda akan melihat sendiri bagaimana indah dan menakjubkannya pesona yang ada di Sumatra Barat ini . Kalian pasti tidak akan bosan melihat pemandangan yang disajikan oleh Sumatra Barat.

Mari  jelajahi tempat –  tempat yang indah lainnya bersama kami ……

 

 

About the Author

Leave a Reply

*