Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Puncak Gagoan

Puncak Gagoan

Puncak Gagoan

Puncak Gagoan terletak di Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjuang Siriah, Kabupaten Solok. Berjarak sekitar 20 KM dari pusat Kota Solok, sementara dari Padang berjarak lebih kurang 78 KM. Untuk sampai pada lokasi Puncak Gagoa bisa dengan menggunakan kenderaan roda dua atau roda empat, dari Paninggahan pengunjung harus melewati jalan beton yang cukup sempit sepanjang 5 KM untuk menuju tempat parkir.

Gagoan berasal dari suku kata Minangkabau yaitu ” Gagau” yang berarti gamang ( takut jatuh ), karena memang jika berada diatas bukit ini maka akan menyaksikan kecuraman dengan bebatuan karang berwarna putih dengan kemiringan hampir 90 derjat celcius. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati hembusan angin yang lumayan kencang, alami dan segar, dikarenakan hutan disekelilingnya yang terus memompakan oksigen, jika berada di puncak ini pengunjung akan merasakan kesegaran udara serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

lokasi Sandiang Gagoan sangat strategis diperbukitan Junjuang Siriah, udaranya yang sangat sejuk serta pemandangan spektakuler tersaji dengan indah. Ciri khas dari panorama Puncak Gagoan adalah pemandangan Danau Singkarak yang bisa disaksikan dengan jelas jika cuaca cerah, dijamin akan betah disini karena ada banyak spot foto yang bisa disinggahi untuk tempat berfoto.

Bagi yang ingin ke lokasi ini sebaiknya juga mencari hari yang tepat, cuaca yang cerah tanpa hujan sehingga keindahan alam Puncak Gagoan tersebut tidak tertutup kabut. Musim hujan di paninggahan terjadi pada sekitar bulan Maret – Juli, dan kemarau pada bulan Februari, sedangkan musim peralihan atau pancaroba terjadi pada bulan Agustus – Oktober, terlihat intensitas hujan lebih lama dari musim kemarau.

Bagi yang hobi fotografi diingatkan juga kepada yang berkunjung ke Puncak Gagoan untuk selalu berhati – hati karena ada beberapa spot yang sering dipakai pengunjung untuk foto selfie namun beresiko tinggi seperti di bibir jurang atau diatas karang berlatar Danau Singkarak. Selain menikmati anugrah Tuhan dengan alam yang indah, beberapa pasangan juga menjadikan lokasi ini sebagai objek foto prewedding.

About the Author

Leave a Reply

*