Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Kota Pariaman

Kota Pariaman

Kota Pariaman

Kota Pariaman merupakan  kota Tabuik yaitu salah satu kota yang terkenal akan obyek- obyek wisatanya nan mempesona. Mulai dari wisata budaya, wisata kuliner dan wisata baharinya. Banyak wisatawan setiap tahunnya datang ke kota pariaman untuk menghabiskan waktu berliburnya di pariaman. Salah satu objek wisata yang menarik di kota pariaman yaitu pulau angso duo.

pulau angso duo

Pulau angso duo terletak di kota pariaman yang dekat dengan pantai gandoriah.  Untuk menuju ke pulau angso duo perlu menggunakan transportasi air yaitu perahu motor yang memakan waktu tak banyak sekitar 10-15 menit dari pantai gandoriah. Biaya transportasi menuju pulau angso duo tidak banyak, hanya Rp.35.000/ kepala.  Pulau angso duo memiliki pasir yang putih dan kuburan panjang. Jarak pulau angso duo dari pantai gandoriah yaitu sekitar 1,9 mil. Untuk Anda yang suka wisata bahari rugi jika tidak mengunjungi pulau angso duo, karena pertama kali Anda menginjakkan kaki di pasir nan putihnya sepoian angin siap menyapa Anda dengan lembutnya. Apalagi untuk Anda yang suka selfi, tempat ini cocok banget untuk berfoto dan hangout bareng keluarga dan teman teman.  Pulau angso duo merupakan pulau yang pertama kali mendapatkan sign di Sumatra barat.

Kabarnya kuburan panjang disana memiliki panjang hingga 4.5 meter, menurut sejarahnya kuburan ini di yakini milik Syekh Katik Sangko seorang ulama besar yang kerabat dekat dari Syekh Baharuddin yang merupakan salah satu ulama penyebar agama islam di Sumatra Barat. Tidak hanya itu, di pulau angso duo masih menyimpan beberapa makam batu nisan 1329 masehi dan 1315 masehi. Anda dapat mengililingi pulau angso duo dengan berjalan kaki (tracking) makam makam dan surau disana, karena dilihat dari topografinya pulau ini relative datar dan tidak berbukit. Disana Anda disuguhi permainan air yang exaited yaitu banana boat dan snorkeling. Anda tidak akan merasa rugi jika melakukan snorkeling, karena terdapat terumbu karang yang indah dan jenis ikan yang beragam. Uniknya disana juga terdapat sebuah sumur yang airnya tak kalah jernih dengan air laut. Paling menariknya, air disumur itu tidak pernah kering walaupun pada saat musim kemarau panjang, dan airnya terasa tidak asin seperti air laut.

Penasaran???

Jangan hanya sekedar baca. Tapi, ayo kunjungi dan ramaikan pulau angso duo dan kota pariaman. Jangan lupa bawa oleh oleh khas pariaman Sala Lauak dan Langkitang Bacucuik.

BY ELISA CHANDRA (incimnya)

 

 

About the Author

Leave a Reply

*