Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Tari Pasambahan

Tari Pasambahan

Tari Pasambahan

Tari Pasambahan , seni tari tradisonal Minangkabau yang berkembang di berbagai daerah di  Sumatera Barat, Tarian ini ditampilkan dalam acara penyambutan tamu yang dimaksudkan sebagai ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat kepada tamu kehormatan yang baru saja sampai. Namun saat ini, tarian ini ditampilkan tidak hanya dalam acara penyambutan tamu, tetapi juga dalam seni pementasan dan pertunjukan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat banyak, Tari pasambahan ditampilkan saat kedatangan tamu yang datang dari jauh, atau saat kedatangan pengantin pria ke rumah pengantin wanita. Tamu yang datang kemudian dipayungi dengan payung kebesaran sebagai penghormatan terhadap tetamu yang datang. Setelah tari pasambahan ditampilkan, kemudian acara dilanjutkan dengan suguhan daun sirih dalam carano kepada sang tamu.

Tari pasambahan merupakan tarian anggun yang kerapkali ditarikan oleh kaum wanita. Tarian anggun ini dilakukan di suatu lokasi acara khusus atau pesta pernikahan, dengan tarian yang dilakukan pada saat tamu istimewa mulai memasuki ruangan atau tempat acara dilaksanakan. Ketika tamu ini masuk, penari juga kemudian akan membawa payung kebesaran dan memayungi si tamu sampai ke tempat duduknya sebagai rasa hormat.

Dalam tarian ini, para penari juga membagikan daun sirih dalam kotak kepada para tamu sebagai rasa hormat. Jika dilakukan dalam upacara pernikahan, maka tarian ini berubah fungsi menjadi tarian penyambutan terhadap mempelai pria dan keluarganya, pada saat mereka datang ke rumah si mempelai wanita.
Tari pasambahan adalah tarian yang menyenangkan untuk dilihat, dengan para penari yang berpakaian warna-warni dan mengenakan aksesoris serta hiasan kepala yang sangat terperinci. Karena merupakan tarian untuk menyambut tamu istimewa, wajar jika para penarinya pun terlihat sangat istimewa dengan kostum yang cukup menyolok.
About the Author
  1. Pingback: Art in West Sumatera | syarahfirdaus04

Leave a Reply

*