Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat adalah taman nasional terbesar di Sumatera, Indonesia yang memiliki luas wilayah sebesar 13,750 km² dan membentang ke empat provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Taman nasional ini terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki wilayah dataran tertinggi di Sumatera, Gunung Kerinci (3.805 m). Taman nasional ini juga terdiri dari mata air-mata air panas, sungai-sungai beraliran deras, gua-gua, air terjun-air terjun dan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara, Gunung Tujuh.

Taman Nasional Kerinci Seblat juga memiliki beragam flora dan fauna. Sekitar 4.000 spesies tumbuhan tumbuh di wilayah taman nasional termasuk bunga terbesar di dunia Rafflesia arnoldi, dan bunga tertinggi di dunia, Titan Arum. Fauna di wilayah taman nasional terdiri antara lain Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Gajah Sumatera, Macan Dahan, Tapir Melayu, Beruang Madu, dan sekitar 370 spesies burung. Diterimanya Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera ke daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, membuat Taman Nasional Kerinci Seblat juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Bersama dengan Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Ada banyak alternatif yang dapat digunakan untuk bisa berada di Taman Nasional Kerinci Seblat ini. Tercatat ada sekitar 10 alternatif akses masuk yang dapat digunakan untuk bisa berada di Taman Nasional ini.

3 alternatif akses masuk yang terbilang cukup mudah dan paling banyak digunakan oleh para wisatawan yaitu :

  1. Akses yang paling banyak digunakan dan juga paling mudah adalah lewat daerah Sumatera Barat yaitu dari Solok Selatan. Dari daerah ini Anda dapat memanfaatkan beberapa jasa pengangkutan dengan tarif sekitar 40.000 sampai 50.000 rupiah sekali perjalannanya.
  2. Akses masuk yang kedua adalah lewat daerah Muara Aman yang ada di Provinsi Bengkulu. Melalui pintu masuk ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 Jam dengan memanfaatkan kendaraan bermotor.
  3. Akses termudah yang ketiga adalah melalui Provinsi Sumatera Barat yaitu dari daerah Kresik Tuo. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh lokasi taman nasional ini adalah sekitar 5 – 7 jam, tergantung dengan kondisi cuaca.
About the Author

Leave a Reply

*