Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Silungkang

 

Silungkang

Silungkang

Silungkang berada di sebuah Kecamatan di Kota Sawahlunto, Sumatra Barat. Silungkang memang ada lurah yang bernama Lungkang. Lurah itu airnya mengalir melalui Surau Bingkuang dan bertemu dengan Batang Lasi sebelum Lubuak Nan Godang. Ada yang memperkirakan dari nama lurah Lungkang dari sinilah nama ini berasal.

Tetapi ada pula yang memperkirakan bahwa nama daerah itu berasal dari Sawah Lungkang. Nampaknya perkiraan ini agak jauh dari kemungkinan. Sebab di sekitar mengalirnya air lurah Lungkang sampai bertemu dengan Batang Lasi tak ada tanda-tanda bahwa pada masa lalu tempat itu adalah persawahan. Yang terkenal (dekat pertemuan lurah Lungkang dengan Batang Lasi) ialah Polak Pisang (Ladang Pisang). Sedang di mudieknya ialah Polak Kopi. Tak kelihatan bekas-bekasnya bahwa Polak Piang dan Polak Kopi itu dulunya sawah.

Daerah ini termasuk dalam Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung (tahun 1988). Di sebelah Barat berbatas dengan nagari Kubang dan Lunto. Di sebelah Timur berbatas dengan nagari Batu Manjulur dan Tarung-Tarung. Di sebelah Utara berbatas dengan nagari Pianggu dan di sebelah Selatan berbatas dengan nagari Padang Sibusuk.

Terkenal akan tenunan khasnya yang sering disebut dengan Songket Silungkang, songket adalah salah satu hasil karya tangan-tangan terampil pengrajin asli daerah setempat, yang memiliki corak bervariasi dan unik.

 

About the Author

Leave a Reply

*