Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Rumah Gadang Mande Rubiah

Rumah Gadang Mande Rubiah

Rumah Gadang Mande Rubiah

Rumah Gadang Mande Rubiah terletak di Kecamatan Lunang Silaut dengan jarak ± 157 Km dari Kota Painan, dan ±3,5 jam dari kota Padang terletak di Kecamatan Lunang Silaut dengan jarak ± 157 Km dari Kota Painan, dan ±3,5 jam dari kota Padang. Objek Wisata Rumah Gadang Mande Rubiah diperkirakan sudah ada sejak abad ke 14. pendiriannya memiliki kaitan yang sangat erat dengan Kerajaan Pagaruyuang yang terletak di Batusangkar.

Dikisahkan ketika terjadi huru-hara di Kerajaan Pagaruyung seorang Putri Bundo Kandung yang bernama Putri Salasiah Pinang Masak melarikan diri dan kemudian membangun istana di hilir Batang Lunang. Maka sesuai dengan kisah tersebut diyakini adaya keturunan Mande Rubiah di daerah ini. Latar belakang inilah yang kemudian menjadi daya tarik wisata budaya sehingga Rumah Gadang Mande Rubiah banyak dikunjungi para wisatawan. Dilokasi ini banyak terdapat peninggalan sejarah yang dianggap keramat oleh masyarakat setempat, diantaranya Tanduak Binauang, Talua Garudo dan berbagai jenis keris. Disamping itu, ada keunikan kuburan Cindua Mato dan Bundo Kanduang yang telah ada sejak dulunya. Apabila berada di lokasi ini, pengunjung bisa berdialog langsung tentang sejarah Bundo Kanduang dengan seorang Mande yang mendiami rumah gadang tersebut yang dipercaya merupakan keturunan Bundo kanduang.

Pada tanggal 8 Maret 1980, Rumah Gadang Mande rubiah ini diresmikan men­jadi museum lokal di Suma­tera Barat oleh Bidang Permu­seuman, Sejarah dan Kepur­bakalaan Kanwil Dept. P & K Sumatera Barat, dengan nama Museum Mande Ru­biah, setelah sebelumnya dilakukan beberapa kali pe­ne­litian. Selanjutnya benda-benda koleksi peninggalan sejarah yang tersimpan rapi di dalam rumah gadang mande rubiah ini dipamerkan untuk khalayak umum.

Rumah Gadang Mande Rubiah mempunyai koleksi yang berjumlah 213 buah yang terdiri dari naskah, uang logam/kerta, senjata tajam, peralatan dapur, alat upacara agama, alat upacara adat, pakaian adat, telur burung garuda, senjata api, piring besar porselin, lampu, tongkat dan lain-lain.

Rumah Gadang Mande Rubiah pusat yang sakral bagi Masyarakat Lunang dan wilayah sekitarnya seperti Indopuro hingga perbatasan kabupaten Mukomuko dengan kabupaten Bengkulu Utara Propinsi Bengkulu. Berbagai kegiatan adat dan keagamaan dilaksanakan di rumah gadang ini, bahkan kebutuhan alternatif ekonomi seperti ritual Tolak Bala di pusatakan di rumah gadang ini.

About the Author

Leave a Reply

*