Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Pulau Marak

Pulau Marak

Pulau Marak

Pulau Marak berada di Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Memiliki luas sekitar 500 hektar dan jarak sekitar 400 meter dari bibir pantai. Nagari Sungai Pinang ini terdapat gugusan pulau lainnya yaitu Pulau Pagang, Pulau Karanggo dan Pulau Nyamuk yang agak jauh di bagian barat, hingga kini merupakan lokasi persinggahan nelayan dan tempat masyarakat memetik kelapa.

Pulau Marak sendiri merupakan tanah adat warga Nagari Sungai Pinang yang tidak berpenghuni. Untuk menuju Pulau ini dapat ditempuh sekitar 1 jam dari Padang melalui Bungus Teluk Kabung ke Nagari Sungai Pinang, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan sampan nelayan selama kurang lebih 1 jam perjalanan laut.

Pulau Marak masih tidak tersentuh, memiliki keindahan alam yang luar biasa, juga keindahan laut dan aneka ragam flora dan fauna, tipikal pantai yang landai, berpasir lembut dan sangat putih, disempurnakan dengan kondisi alam yang begitu tenang dan sepi. Wisatawan atau pengunjung yang datang ke pulau ini wajib untuk melakukan kegiatan snorkling dan diving, karena air yang begitu jernih dan bersih sehingga dapat melihat terumbu karang dengan jelas.

Tahun 2003 pulau ini menjadi lokasi konservasi satwa yang dilindungi seperti Siamang ( Symphalangus Sindactylus ), Owa ( Hylobates Agilis ), Siamang Mentawai/Bilou ( Hylobites Klossi ) dan Beruk Mentawai/Bokkoi ( Macaca Pagensis ) oleh Yayasan Kalaweit, batas waktu konservasi untuk hewan hewan tersebut sudah berakhir pada tahun 2013 lalu dan hewan – hewan tersebut dilepas kembali ke habitatnya.

Selain berbagai macam jenis hewan – hewan, pulau ini juga dihuni oleh fauna lain, seperti puluhan jenis burung, kupu – kupu, reptil, kura – kura darat, labi, amphibi dan babi hutan. Semoga pulau ini tetap terjaga kelestariannya dan tetap menjadi kawasan konservasi alami sekaligus untuk pariwisata dengan konsep Ecoturisme.

Jika tertarik berkunjung ke Pulau Marak, waktu yang paling tepat adalah sekitar bulan April-Agustus. Karena interval bulan tersebut ombak tidak terlalu membahayakan. Perjalanan laut dengan sampan akan memberikan pengalaman yang berbeda. Pemandangan yang begitu indah ada di depan mata dengan menyaksikan gugusan-gugusan pulau yang tersebar seperti layaknya Raja Ampat. Pulau Marak memiliki tipikal pantai yang landai,  disempurnakan oleh kondisi alam yang begitu tenang dan sepi.

 

About the Author

Leave a Reply

*