Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo adalah salah satu pulau kecil yang ada di kota Pariaman, dan Pulau Angso Duo ini adalah pulau yang berjarak paling dekat dengan bibir pantai kota Pariaman. Pantai yang paling tepat untuk menyebrang ke Pulau Angso Duo ini adalah Pantai Gandoriah yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Pariaman, Sumatera Barat. Pulau Angso Duo-Ada sebuah pulau kecil yang indah, dengan banyak batu-batu karang dan kerang-kerang laut yang sering kali terhampar di tepi pantai di pulau ini. Pantai nya berpaasir putih bersih, dan juga lembut, jadi meski menapakkan kaki ke tanah tanpa memakai sepatu atau sandal, itu tidak akan membuat kaki sakit.

Pulau Angso Duo Pariaman ini mempunyai struktur pasir pantai putih yang lembut. Para pengunjung pun bakal terpuaskan ketika bermain di pantai. Dan mereka yang biasa berkunjung ke tempat ini pun berniat untuk menenangkan diri. Pulau terpencil jauh dari perkotaan, Angso Duo memang menjadi solusi yang tepat saat ingin menjauhkan diri dari kesibukan di kantor.

Keadaan tanah pulau yang relatif datar membuat sejumlah wisatawan memilih berkeliling pulau. Ada yang menyisir pantai atau berjalan kaki lewat di tengah pulau yang didominasi vegetasi hutan dengan jenis pohon seperti aru dan kelapa. Tak perlu takut tersesat karena di tengah hutan disediakan jalur pejalan kaki yang memudahkan wisatawan. Pasir putih Angso Duo yang bersih dan lembut saat dipijak, terasa lengkap oleh air laut jernih dan berombak kecil. Di pulau ini ada mitos bahwa jika dapat mengelilingi pulau dengan berjalan kaki kemudian berdoa, apa yang diharapkan akan terwujud.

Pulau Angso Duo di kota Pariaman ini juga menyimpan nilai sejarah. di tempat ini terdapat makam yang telah berusia ratusan tahun. Para traveler yang datang ke sini pun juga terkadang bertujuan untuk melakukan aktivitas ziarah ke makam tersebut. Makam tua di Pulau Angso Duo Pariaman diyakini merupakan makam Syekh Katik Songko yang merupakan kerabat dari ulama penyebar agama Islam di Minangkabau Syekh Burhanuddin. Kabarnya, nama Angso Duo pada pulau ini digunakan karena mitos tentang petunjuk awan berbentuk angsa yang akhirnya menuntun Syekh Katik Songko untuk menetap di pulau indah ini.

 

 

About the Author

Leave a Reply

*