Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Pelabuhan Teluk Bayur

Pelabuhan Teluk Bayur

Pelabuhan Teluk Bayur

Pelabuhan Teluk Bayur ada di Kota Padang, Sumatera Barat, sebelumnya bernama Emmahaven yang dibangun sejak zaman kolonial Belanda antara tahun 1888 sampai 1893. Pelabuhan ini berfungsi sebagai pintu gerbang antar pulau serta pintu gerbang arus keluar masuk barang ekspor-impor dari dan ke Sumatera Barat. Hingga era Perang Dunia II, Pelabuhan ini merupakan salah satu dari lima pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya Singapura sebagai pelabuhan transit, Selat Malaka menjadi jalur pelayaran yang penting sehingga mengakibatkan menurunnya aktivitas perdagangan di Teluk Bayur.

Pelabuhan Teluk Bayur merupakan salah satu cabang dari PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia II, sebuah BUMN yang mengelola beberapa pelabuhan di Indonesia. Pelabuhan Teluk Bayur saat ini telah memiliki standar prosedur pelayanan berdasarkan ISO 9002 sehingga dapat dikatakan telah menjadi Pelabuhan Kelas Satu. Pelabuhan Teluk Bayur telah dilengkapi dengan peralatan modern yang mampu menangani berbagai jenis barang antara lain barang curah seperti batubara, semen, klinker, CPO serta komoditas yang menggunakan petikemas seperti kayu manis, teh, moulding, furnitur dan karet, yang merupakan komoditas ekspor unggulan ke Amerika Serikat, Eropa, Asia, Australia dan Afrika. 

Pelabuhan Teluk Bayur menyediakan pelayanan pelabuhan dan pelayanan lainnya antara lain :

  1. Kolam pelabuhan
  2. Pelayanan pandu & tunda
  3. Fasilitas infrastruktur pelabuhan termasuk dermaga, dolphin, & tambatan
  4. Gudang, lapangan, penanganan barang beserta perlengkapannya
  5. Operasi penanganan petikemas
  6. Operasi penanganan bulk cargo
  7. Terminal penumpang
  8. Utilitas area darat pelabuhan & properti untuk usaha-usaha lebih produktif

Lokasi wisata di tempat ini menawarkan pemandangan pantai yang sangat indah pada pagi atau siang hari, dan memperlihatkan panorama khas matahari tenggelam pada senja hari. Pada siang hari kita akan tersihir dengan keindahan birunya lautan yang dihiasi taburan anekan kapal yang hilir mudik di perairan. Langit cerah dan angin laut yang sepoi-sepoi adalah kombinasi yang sesuai bagi yang ingin berjalan-jalan di sekitar pelabuhan sambil melihat-lihat pemukiman masyarakat nelayan. Sedangkan pada sore hari, sinar matahari yang merah keemasan menjelang tenggelam ditambah kerlap-kerlip lampu kapal besar dan kecil yang berlayar di sekitar Pelabuhan Teluk Bayur akan mempertontonkan pemandangan indah dan suasana romantis sehingga cocok dinikmati bersama pasangan atau keluarga.

 

About the Author

Leave a Reply

*