Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Pangek Pisang Solok Selatan

Pangek Pisang Solok Selatan

 

Pangek Pisang Solok Selatan

Berkunjung ke Solok Selatan tidak saja disuguhi dengan pemandangan alam, fenomena alam, dan keunikan Kawasan Nagari Saribu Rumah Gadang, bercengkrama dengan penduduk lokal dan bercerita tentang sedikit keindahan daerha ini tidak lepas dari makanan khas setempat, ternyata masih ada kekayaan kuliner Sumatra Barat yang masih belum terangkat dan dikenal masyarakat umum. Salah satunya Pangek Pisang.

Makanan kecil khas dari daerah Solok dan Solok Selatan, Sumatra Barat yang bercita rasa manis dan gurih ini memang sulit ditemukan. Hal ini disebabkan karena makanan ini hanya dikeluarkan saat acara-acara penting atau upacara-upacara adat. Sebut saja pesta pernikahan, kenduri, pengangkatan datuk, maupun upacara mendirikan rumah, atau sebagai hantaran untuk menghormati mertua, menjelang puasa atau lebaran.

Cara pembuatan Pangek Pisang ini sebenarnya tidak begitu sulit, bahan dasar pisang kepok yang matang. Setelah dikupas, pisang disusun di dalam dandang atau kuali yang sudah dialasi lidi dan banyak daun pandan agar tidak hangus dan beraroma wangi pandan. Susunan pisang itu kemudian disiram santan kental yang sudah dibubuhi sedikit kunyit yang dihaluskan, gula, garam dan vanili. Kukus sampai santan mengering. Selama proses pengukusan, kuali tidak boleh dibuka. Didaerah Solok Selatan makanan ini dimakan dengan Nasi Lamak, yaitu ketan yang dimasak dengan santan kental, menjadikan cita rasanya semakin menggugah selera.

About the Author

Leave a Reply

*