Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Pacu Itiak Payakumbuh

Pacu Itiak Payakumbuh

Pacu Itiak Payakumbuh

Pacu Itiak Payakumbuh (Balapan Itik) adalah salah satu tradisi unik dari Sumatera Barat khususnya di daerah Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Event ini biasanya dilaksanakan di 11 tempat berbeda di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Tata cara perlombaan Pacu Itiak Payakumbuh adalah dengan melemparkan Itiak sehingga Itiak pun terbang menuju garis finish. Itiak yang paling cepat mencapai garis finish akan dinyatakan sebagai pemenang.

Jarak tempuh satu lintasan Pacu Itiak ini biasanya sepanjang 800 meter, di Payakumbuh telah dimulai saat para petani menghalau itik yang memakan tanaman padinya. Ini diperkirakan telah dimulai ratusan tahun yang lalu. Saat dihalau, itik tersebut terbang rendah ke dataran sawah di bawahnya. Itik-itik terbang ini menjadi hiburan tersendiri bagi para petani. Inilah yang menjadi awal, dimulainya lomba pacu itik.Saat Pacuan, itik dipegang oleh pemiliknya dan itik kemudian dilemparkan ke udara sehingga itik akan terbang menuju garis finish. Itik-itik yang ikut perlombaan merupakan itik yang sudah terlatih dan mampu terbang hingga sejauh 2 kilometer.

Terdapat tiga tingkatan jarak yang dilombakan, yaitu jarak 800 meter, 1600 meter dan 2000 meter. Pemenang ditentukan berdasarkan itik yang terbang lurus dan tepat jatuh terdekat dengan garis finish.Ajang Pacu Itiak Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota ini telah mendapat perhatian khusus dari Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota dengan menggelontorkan sejumlah dana untuk Persatuan Olahraga Terbang Itik. Perlombaan ini digelar di sebelas gelanggang yang berbeda di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Gelanggang tersebut antara lain Aua Kuning, Tigo Balai, Padang Cubadak, Tunggul Kubang, Padang Alai dan Body Aia Tabik.

About the Author

Leave a Reply

*