Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Nagari Saribu Rumah Gadang

Nagari Saribu Rumah GadangKeindahan alam yang begitu mempesona memanjakan mata. Keelokkan budaya dan bahasa santun begitu tertata. Ragam olahan rempahnya berasa melekat indra perasa. Menyuguhkan tempat wisata menarik yang salah satunya adalah desa wisata Nagari Saribu Rumah Gadang yang terletak di Nagari Koto Baru, Solok Selatan.

Jika berkunjung ke tempat ini, seolah-olah waktu terasa mundur ke masa lampau. Bagaimana tidak, ratusan Rumah Gadang Minangkabau berbaris di sepanjang desa yang masih kaya akan arsitektur budayanya. Layaknya sedang menyaksikan perkampungan Minangkabau masa lampau. Keberagaman suku yang menghuni Kawasan Saribu Rumah Gadang dan melihat keelokkan budaya santunnya yang masih dipelihara sejak zaman dahulu.

Bagi pengunjung yang menginap di Rumah Gadang tersebut, akan disuguhi atraksi tarian-tarian tradisional tak kalah juga akan menikmati kuliner Gulai Baluik jo Tapak Leman sampai gurihnya Pangek Pisang jo katan. Lengkap sudah jika berwisata ke Nagari Saribu Rumah Gadang.

Solok Selatan memiliki sejumlah objek wisata alam, sejarah, dan budaya. Di kawasan yang dijuluki sebagai Nagari Saribu Rumah Gadang, banyak ditemukan rumah-rumah gadang berusia ratusan tahun lamanya yang masih ditinggali oleh penghuninya. Rumah Gadang 21 merupakan rumah gadang dengan 21 ruang. Objek wisata lainnya adalah Danau Bontak, Ngalau Lubuk Malako, beberapa air terjun, dan sejumlah bangunan peninggalan sejarah lain seperti Masjid, Istana, dan Monumen.Nagari Saribu Rumah Gadang

Sebelumnya, Kabupaten ini merupakan bagian dari Kabupaten Solok, yang pada masa Hindia Belanda disebut dengan Afdeeling Solok. Setelah kemerdekaan, sempat muncul wacana pembentukan sebuah kabupaten yang meliputi sebagian wilayah Solok Selatan saat ini. Ditandai dengan diadakannya Konferensi Timbulun pada tahun 1950-an, saat itu digagas rencana pembentukan sebuah kabupaten dengan nama Kabupaten Sehilir Batang Hari yang memasukan wilayah Kecamatan Lembah Gumanti, Pantai Cermin, Sungai Pagu, dan Sangir. Namun, baru setelah otonomi daerah digulirkan, usaha yang mengarah ke sana dapat terealisasikan.

Solok Selatan adalah kabupaten yang terletak di bagian timur Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini resmi dimekarkan dari Kabupaten Solok pada tahun 2004 mencakup wilayah seluas 3.346,20 km². Secara administratif kabupaten ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi di sebelah selatan dan dikelilingi oleh tiga kabupaten lain di Sumatera Barat dari barat ke timur: Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, dan Dharmasraya. Pusat pemerintahannya terletak di Padang Aro, sekitar 161 km dari pusat Kota Padang.

About the Author

Leave a Reply

*