Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Nagari Pariangan

Nagari Pariangan

Nagari Pariangan

Nagari Pariangan adalah sebuah desa yang terletak di Kabupaten Tanah Datar Sumatra Barat, indonesia. Nagari Pariangan di sebut sebagai nagari tua di Minangkabau Sumatra Barat, tepatnya terletak di lereng Gunung Merapi. keindahan desa yang disuguhkan oleh Nagari Pariangan di setiap sudutnya memiliki daya tarik yang luar biasa. Nagari Pariangan merupakan cikal bakal munculnya berbagai suku di Sumatra Barat.

Desa ini masih memiliki udara yang segar dan belum dipengaruhi oleh polusi udara seperti di perkotaan. Desa ini bergandengan dengan Desa Wengen dari  Swiss, Desa Eze dari Prancis, Niagara on The Lake di Kanada, serta Desa Cesky Krumlov dari Republik Ceko yang termasuk kedalam lima desa terindah di dunia, bahkan saat sekarang ini di desa tersebut masih memiliki rumah gonjong dan masih terawat dengan baik. Suasana yang tenang dan sejuk dapat di peroleh dari desa ini. Desa yang indah memiliki hamparan sawah yang membentuk terasering dan berjenjang mulai dari lereng gunung merapi membuat mata dan hati terasa damai ketika memandangnya.

Keindahan alam yang ditawarkan oleh Nagari Pariangan membuat siapa saja yang melihatnya akan terpesona. Di tengah desa terdapat surau tua yang masih terjaga dan dijadikan sebagai tempat tinggal pria yang belum berumah tangga atau menikah, hampir seluruh warga setempat menggunakan rumah tradisonal seperti rumah jaman dahulu yaitu Rumah Gonjong atau Rumah Gadang. Demi menuju ke pemukiman sekiranya kita harus berjalan kaki beberapa menit, sepanjang jalan menuju pemukiman mata tak kan berhenti memandang dan menikmati panorama hijaunya persawahan yang menyejukkan. air panas dan jernih yang berasal dari gunung merapi dapat dinikmati selama berada disana, kadar air pegunungan bermanfaat untuk kulit yang menyehatkan kulit. warga disana tidak memiliki kamar mandi di dalam rumahnya, mereka mandi di tempat pemandian umum yang dinamai tapian mandi. Tapian mandi ini terletak di dekat Surau Ishlah, tapian mandi perempuan dan laki-laki itu terpisah. tapian mandi perempuan dinamai rangek subarang sedangkan tapian laki-laki yaitu rangek gaduang.

Akhir-akhir ini Nagari Pariangan semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan sehingga menjadi primadona di berbagai daerah. tidak perlu jauh-jauh mencari desa terindah didunia, cukup kunjungi Nagari Pariangan yang berada di Tanah Datar Sumatra Barat. Abadikan moment dengan mengunjungi Nagari Pariangan sebagai lima desa terindah di dunia.

Happy Travelling

 

 

 

 

About the Author

Leave a Reply

*