Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Makam Raja Sidabutar

Makam Raja Sidabutar

Makam Raja Sidabutar

Makam Raja Sidabutar –  Pulau Samosir tidak hanya dikenal karena lokasinya yang berada di tengah Danau Toba tetapi juga menyimpan banyak peninggalan sejarah, khususnya budaya Batak. Di pulau ini, Anda dapat melihat Makam Raja Sidabutar dari dekat yang merupakan penguasa Tomok. Di kalangan warga Batak dan Samosir, kisah mengenai Raja Sidabutar sangat terkenal. Sidabutar konon merupakan raja yang sakti mandraguna. Kesaktian Sidabutar berasal dari rambutnya yang gimbal dan panjang. Jika rambutnya dipangkas, maka kesaktiannya akan hilang. Sidabutar juga dianggap sebagai orang pertama yang menemukan Tomok. Pada masa hidupnya, Raja Sidabutar sudah menyiapkan makamnya sendiri dengan memerintah tukang pahat dari pulau Samosir. Proses pembuatan makam pun dimulai dengan upacara khusus. Warna hitam, merah, dan putih menjadi unsur utama yang mewarnai seluruh bagian kompleks.

Makam Raja Sidabutar – Para wisatawan yang ingin memasuki kompleks makam harus memakai ulos dengan cara menyilangkannya di salah satu pundak dan dijuntai ke bawah. Kompleks kuburan tua Raja Sidabutar hingga kini masih terawat dengan baik, dan hampir tiap hari terdapat beberapa pengunjung yang singgah di makam tersebut. Hal ini disebabkan karena kuburan tua tersebut merupakan salah salah satu destinasi yang ada di Pulau Samosir.

Makam Raja Sidabutar – Banyaknya makam dan benda-benda peninggalan zaman megalitik dan purba menjadikan lokasi ini sebagai salah satu situs kebudayaan Batak yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Lokasinya yang terletak tepat di tepi dermaga penghubung ke Parapat juga memudahkan para wisatawan mengunjungi tempat ini. Makam besar seperti Makam Raja Sidabutar dan keluarganya, Museum Batak, Patung Sigale-Gale, Batukursi Tomok, Patung Gajah, HKBP Resort Tomok dan gereja gereja yang sederhana memenuhi daerah ini. Ditambah pula dengan adanya resort yang berada di Tuk Tuk Siadong yang semakin mengukuhkan ddaerah ini menjadi tempat pariwisata.

About the Author

Leave a Reply

*