Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Lubang Tambang Mbah Soero

Lubang Tambang Mbah Soero

Lubang Tambang Mbah Soero

Lubang Tambang Mbah Soero adalah salah satu objek wisata sejarah yang terletak di kelurahan Tanah Lapang, Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Terowongan sepanjang 185 meter ini dibangun pada masa Pemerintahan Hindia Belanda, tahun 1898. Dari tahun 1898 hingga 1932, kegiatan penambangan batu bara di kota Sawahlunto masih menggunakan terowongan ini. Namun untuk keperluan wisata, pemerintah daerah setempat merenovasi terowongan ini menjadi tempat yang layak dikunjungi baik dari segi keamanan maupun kemudahan mencapai area dibawah tanah dengan membangun anak-anak tangga. Renovasi mulai dilakukan dari 27 Juni 2007 hingga Desember 2007. Kemudian diresmikan sebagai objek wisata pada 23 April 2008. Keasliannya yang masih tetap dipertahankan, dapat dilihat dari bagian atap dan dinding yang terbuat dari batu bara.

Terletak di pusat kota, membuat akses ketempat ini menjadi sangat mudah. Gallery Info Box merupakan tempat untuk memperoleh informasi mengenai objek wisata di wilayah kota lama Sawahlunto. Disini juga para pengunjung dapat melihat kembali perjalanan sejarah Kota Wisata Sawahlunto melalui galery fotografi di lantai satu dari gedung ini. Gedung Info Box juga merupakan pintu masuk bagi wisatawan yang hendak  mengunjungi Lobang Tambang Mbah Soero.
Lubang Tambang Mbah Soero pernah ditutup oleh Belanda karena berbagai sebab, diantaranya rembesan air yang tak dapat dikendalikan lagi dari Batang Lunto yang ada di tepat di samping lobang tambang ini. Kemudian keberadaan gas metan yang dinilai berbaHaya bagi para pekerja tambang, ikut menjadi pertimbangan utama.

Pada saat sekarang ini, keadaan lobang sudah aman karena untuk mengatasi rembesan air, telah dioperasikan beberapa pompa. Kemudian akses lobang juga dibatasi, dimana jalur lobang diperpendek dengan menutupnya dengan semen. Hal ini gunanya untuk memutus aliran penyebaran gas metan. Setiap pengunjung yang hendak memasuki Lobang Mbah Soero, telah disediakan helm keselamatan dan sepatu boot untuk dipakai oleh para pengunjung. Hal ini bertujuan demi keselamatan pengunjung.

 

About the Author

Leave a Reply

*