Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Lompong Sagu

lompong saguLompong Sagu – Salah satu jenis kue yang langka ditemui adalah kue dengan nama Lompong Sagu. Bahan yang digunakan untuk membuat Lompong Sagu adalah tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan, dan pisang kepok atau pisang raja. Makanan tradisional Sumatera Barat ini berasal dari daerah Minang dengan rasa dominan manis dan ada aroma khas pemanggangan. Bentuknya sendiri sangat unik, setelah selesai dipanggang, biasanya akan disajikan di atas piring dengan bentuk kotak hasil potongan, bisa juga diberi taburan parutan kelapa.

Sedangkan pembuatan kue ini adalah dengan cara mencampurkan bahannya seperti, pisang kepok yang sudah dihaluskan, tepung sagu, kelapa parut, gula merah halus, serta air secukupnya. Aduk adonan tersebut sampai benar-benar merata, kemudian masukkan adonan ke daun pisang sebesar 2 sendok makan adonan untuk dibungkus. Kedua ujungnya, kunci saja dengan lidi, sehingga akan dengan mudah dipanggang. Saat dipanggang, bolak-balik bungkusannya sampai benar-benar matang. Setelah matang, lompong sagu bisa disajikan dengan memotongnya menjadi beberapa bagian untuk dihiasi parutan kelapa atau memakannya secara langsung saat masih hangat.

Sebagian masyarakat di Sumatra mengenal lompong sagu sebagai penganan masa kecil yang membangkitkan kenangan. Sayang, kini semakin sulit menemukannya. Padahal dulu, sekitar tahun 1960-1965, lompong sagu begitu populer, hingga penyanyi Elly Kasim melantunkannya dalam lagu.

Nah bukan hanya wisatanya saja Sumatra Barat ini terkenal , namun kulinernya pun juga terkenal bahkan juga sampai mendunia kuliner Sumatra barat ini .

Nah sekarang ayo berkunjung ke Sumatra barat untuk menikmati wisata alam dan pantai nya yang indah dan menarik , serta kulinernya yang sangat nikmat di lidah .

 

Ayo kita jelajahi seluruh pelosok yang ada di Sumatra Barat ini

About the Author

Leave a Reply

*