Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Lembah Harau

lembah harau

Lembah Harau

Perjalanan 1,5 jam dari Bukittinggi ke arah barat tidak akan sia-sia karena anda akan disuguhkan suasana alam pegunungan dihiasi jejeran air terjun indah setinggi sekitar 100 meter. Belum lagi tempatnya dilalui empat buah sungai yang jernih siap memanjakan mata Anda.

Lembah Harau merupakan lembah subur yang terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Tempat yang berada sekitar 47 km dari Bukittinggi ini dikelilingi warna warni batu granit dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.
Dengan iklim tropis dan tanah yang subur, juga keindahan pemandangan alam yang menawan. Tak disangka sangka, lokasi ini dijuluki Lembah Yosemite di Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California dan telah terkenal ke seluruh dunia. Selain itu cagar alam dan suaka margasatwa Lembah Harau terdapat berbagai spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi yang dilindungi, plus sejumlah binatang langka asli Sumatera. Monyet ekor panjang (Macaca fascirulatis) merupakan hewan yang seringkali terlihat di kawasan ini.

Di tempat ini terdapat air terjun bernama Sarasah Bunta, Sarasah Aie Luluih, dan Sarasah Murai. Semua air terjun ini memiliki keindahan yang berbeda beda, dan pada salah satu air terjun ini juga terdapat kolam pemandian yang sejuk dan masih asri.

Di Lembah Harau ada potensi untuk pengembangan olah raga panjat tebing karena memiliki bukit batu yang terjal dan mampu memantulkan suara (echo). Di sini juga terdapat fasiltas penginapan berupa homestay lengkap dengan fasilitasnya. Di sinilah penggemar olah raga panjat tebing seperti menemukan surganya. Dinding curam bukan hanya menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini namun, pagar tebing cadas yang curam telah menciptakan relief cantik sekaligus menantang terutama Anda yang menyukai olahraga panjat tebing. Tak salah rasanya jika Lembah Harau menjadi surga bagi para wisatwan terutama pecinta panjat tebing.

About the Author

Leave a Reply

*