Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Kota Tua Padang

Kota Tua Padang

Kota Tua Padang

Kota Tua Padang, Kawasan ini merupakan gabungan dari pelabuhan tua Sungai Batang Arau (BA) alias Muaro dengan beberapa bangunan lama kolonial Belanda, dan sebuah Klenteng yang berumur sekitar 200 tahun. Kawasan Kota Tua Padang ini juga China Town-nya Kota Padang, karena disini disamping mayoritas warganya adalah etnis Tionghoa, jalan sepanjang lebih kurang 400 m ini dipenuhi oleh bangunan bangunan peninggalan kolonial Belanda, yang sebahagian besar sekarang berfungsi sebagai pusat kebudayaan dari berbagai suku dan marga dari etnis Tionghoa kota Padang.

Pelestarian kawasan Kota Tua Padang akan menunjukkan kepada generasi sekarang bahwa Kota Padang memiliki peninggalan etnik budaya masa lampau. Melestarikannya tidak kalah penting dibanding pengelolaan objek wisata lainnya.

Berjalan-jalan ke kawasan Kota Tua Padang tepatnya di Pondok yang juga merupakan kawasan wisata budaya yang berada di Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang seakan tidak pernah bosannya. Bangunannya yang unik berjejer di sepanjang jalan membuat takjub dengan kekhasan bangunan tua dari zaman Belanda yang masih dipertahankan penduduk lokal di kawasan ini yang kebanyakan adalah keturunan Tionghoa. Bangunan tinggi menjulang, dengan banyak ruang terlihat bak sebuah kerajaan yang akan memanjakan mata.

Beberapa waktu belakangan ini, Kawasan Kota Tua ini hampir setiap hari dikunjungi muda-mudi, apalagi pada saat malam Minggu dan hari Minggu. Banyak pengunjung yang datang untuk berfoto-foto dengan latar bangunan Klenteng, patung-patung dan bangunan tua yang terdapat di kawasan kampung Pondok ini.

Di kawasan kota tua juga terkenal dengan wisata kulinernya. Salah satunya Mie Tiaw dan minuman dingin khas yang ada di kawasan Pondok Tanah Kongsi yakni minuman Es Kopmil serta aneka minuman Jus. Duduk mejeng sambil menikmati makanan dan minuman merupakan keasyikan tersendiri bagi para pengunjung di kawasan Pondok kota tua ini. Memang tak ada salahnya kalau ingin menikmati suasana dengan nuansa kebudayaan Tionghoa, tinggal datang ke Kawasan wisata budaya di Pondok Kota Padang, Suasana keakraban dan saling menghargai satu sama lain akan terlihat. Di kawasan ini tidak membedakan suku, etnis, ras maupun agama. Hidup rukun dengan keberagaman sudah terbina dari dahulunya. Masuknya para pedagang Cina, India dan Arab di Muara Padang pada zaman dahulu sudah memupuk rasa kebersamaan tersebut.

 

About the Author

Leave a Reply

*