Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Kipang Kacang

Kipang Kacang

Kipang Kacang

Kipang Kacang adalah makanan yang terbuat dari kacang tanah dan gula merah mirip noga atau ampyang yang biasa dibuat orang Jawa. Rasanya yang manis, gurih, dan renyah. Makanan ini menjadi cemilan sehari-hari bagi masyarakat Tanah Datar dan Balingka, Kabupaten Agam. Cocok dihidangkan degan secangkir teh atau kopi. Yang khas dari kipang kacang adalah dau pisang yang dijadikan alas pada setiap kemasannya. Perpaduan dari gula enau dan kacang akan memberikan sensasi manis dan renah saat dimakan. Makanan ringan ini cocok disajikan pada pagi atau sore hari ditemani dengan secangkir teh atau kopi.

Dulu, kipang dibungkus dengan plastik, lalu dilapisi dengan daun pisang kering, dan dilapisi lagi dengan kertas koran putih. Rapi. Sekarang, kipang dibungkus plastik dan kotak bermerek. Sekarang kipang dibuat di Bukittinggi, tidak di Balingka. Kipang kacang Balingka kalau sudah dibuka dari bungkus, harus segera dihabiskan, kalau tidak, akan layu dan tak garing lagi. Agar rasanya tetap enak, masukkan ke dalam freezer.

Makanan yang satu ini terlihat tampak biasa namun saat digigit memberikan rasa yang manis, renyah dan gurih sehingga membuat ketagihan siapapun yang mencobanya khususnya pecinta manis. Kacang ini mempunyai cita rasa tersendiri yg bisa membuat anda ketagihan. Kacang ini enak dan gurih.

 

About the Author

Leave a Reply

*