Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Kincir Raksasa Kamba Tigo

Kincir Raksasa Kamba Tigo

Kincir Raksasa Kamba Tigo

Kincir Raksasa Kamba Tigo, Kincir Air yang berdiameter 14M, karya hebat dari Putra Jorong Padang Datar, ikut memajukan destinasi wisata alam di Tanah Datar. Keberadaan Kincia Raksasa Kamba Tigo juga merupakan wujud usaha dan jerih payah masyarakat Jorong Padang Datar, Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dalam mendapatkan air bersih. Kondisi geografis Nagari Simawang yang berada pada ketinggian, menjadikan kesulitan sendiri untuk menaikkan air yang mengalir dari sungai Batang Ombilin ke pemukiman warga dan persawahan. ini menjadi kendala utama dalam menjalani aktifitas sehari – hari bagi masyarakat Padang Datar.

Dimulai pada tahun 2015 atas inisiatif dan ide dari Pak Anwar ( Perancang Kincir Raksasa Kamba Tigo ), yang pernah belajar di Inggris. Sebagai Putra Asli Padang Datar terinspirasi penuh dengan adanya kincir air di Inggris, muncul ide dan gagasan untuk membuat kincir air serupa untuk kampung halaman tercinta sebagai solusi dari permasalahan yang dialami masyarakat Padang Datar.

Kincir Air Raksasa Kamba Tigo terbuat dari bahan bambu dan kayu yang lebih murah, sederhana dalam pembuatan serta ramah lingkungan, hanya tonggak penyangga yang terbuat dari beton cor agar kokoh menahan beban kincir. Air yang telah ditampung oleh bambu – bambu yang terikat pada kincir dialirkan melalui pipa menuju tandon air berukuran 4x4x2 meter. Dari tandon air yang berada kurang lebih 15 meter dari permukaan Sungai Batang Ombilin air akan meluncur melalui pipa baja dan memompa air yang tertampung melalui sebuah pipa hitam berdiameter 2 inchi. Air dari pipa 2 inchi inilah yang akan terus mendaki dan mengalir menuju tandon air diatas dekat Masjid Al Istiqomah, sehingga air yang dialirkan dapat dipakai untuk keperluan masjid, musholla, dan Masyarakat Umum.

Tidak hanya dikunjungi pengunjung lokal saja, diakhir pekan pengunjung dari luar daerah justru sangat mendominasi. Masyarakat Jorong Padang Datar, tempat dimana Kincir Raksasa kamba Tigo berada sempat kewalahan menyambut pengunjung yang ingin melihat Kincir Raksasa Kamba Tigo secara langsung, karena pada awalnya kincir ini dibuat bukan untuk tempat wisata, melainkan untuk kepentingan warga, sehingga pengelolaan tempat ini masih sederhana dan apa adanya, semoga dengan adanya kincir air ini bisa menambah ragam dan warna wisata di Sumatera Barat, dan peran warga atau masyarakat setempat serta pengunjung sangat diharapkan untuk menjaga dan melestarikan Kincir raksasa Kamba Tigo.

 

 

About the Author

Leave a Reply

*