Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Kebun Teh Alahan Panjang

Kebun Teh Alahan Panjang

Kebun Teh Alahan Panjang

Kebun Teh Alahan Panjang, Nagari Aia Batumbuak, Kabupaten Solok, ramai dikunjungi wisatawan khususnya dari Pekanbaru, Medan dan Jambi. Di samping menikmati keindahan alam pemandangan kebun teh yang terhampar luas, wisatawan juga dapat menikmati makanan yang djual penduduk asli Nagari Aia Batumbuak seperti teh asli Alahan Panjang, sate dan kolak kundua hangat. Pemandangan alam dan udara yang sejuk membuat wistawan betah untuk datang. Alahan Panjang, nagari di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat bagian selatan, berjarak 65 km dari Kota Padang. Terletak di atas bukit barisan pada ketinggian 1400-1600 m dpl. Sudah pasti daerah ini berhawa dingin. Pemandangan yang indah dengan suasana yang sejuk membuat para pengunjung betah untuk berfoto-foto dan bersantai. Selain itu, untuk memasuki tempat ini juga tidak ditarik biaya alias gratis.

Ada beberapa tempat wisata yang bisa ditemukan di Alahan Panjang dan sekitarnya :
1. Air Terjun Kayu Aro, Air terjun ini juga dikenal dengan nama air tejun Telun Berasap yang berada di kaki Gunung Kerinci, perbatasan Sumatera Barat dan Jambi.

2. Kebun Teh, Sepanjang mata memandang yang tampak adalah hamparan  permadani hijau kebun teh yang tersusun rapi. Hamparan teh yang menghijau ini  sesekali disisipi oleh Pohon Kayu Manis yang berwarna merah kekuningan yang menambah  efek manis dari landscape luar biasa ini. Tidak ketinggalan disisi barat kebun,  terlihat gunung Kerinci berdiri dengan gagahnya yang menambah keindahan Panorama  alam di Kayu Aro ini.

3. Gunung Talang, Gunung Talang berada 2.572 meter di atas permukaan laut dan memiliki pemandangan yang menenangkan. Dari gunung  ini Anda dapat melihat indahnya Danau Kembar dan Danau Singkarak. Gunung  ini merupakan salah satu dari enam gunung berapi aktif di Sumatera Barat. Banyak yang mengatakan bahwa teh yang tumbuh di sekitar gunung ini rasanya sangat nikmat. Pemandangannya sangat indah dan memiliki udara yang segar dan dingin akan membuat Anda betah duduk berlama-lama.

4. Danau Diatas, Danau Diatas dengan luas 17,20 meter persegi, panjang 6,25 km dan lebar 2,75 km, permukaan airnya berada pada ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (m dpl). Danau ini cukup dangkal, dengan bagian terdalam hanya 44 meter.

5. Danau Dibawah, Sedangkan permukaan air Danau Dibawah berada pada ketinggian 1.566 mdpl. Artinya, permukaan airnya sama tinggi dengan dasar air Danau Diatas. Namun, danau yang memiliki luas 16.90 meter persegi, panjang 5,62 km dan lebar 3,00 km ini sangat dalam, yaitu 886 meter.

6. Danau Talang, Danau Talang berada sekitar 4,5 km dari kedua danau ini. Lokasinya yang berada di pinggang Gunung Talang dan jauh dari jalan raya membuat danau ini juga pernah dikenal sebagai objek wisata. Sayang letusan Gunung Talang dalam tiga tahun terakhir membuat danau ini tak bisa dikunjungi, karena masih merupakan area terlarang ke sana.

7. Vila Danau Diatas, villa danau diatas  yang terletak di tepian danau ini memang mengutamakan kepuasan dengan view danau yang sangat indah. sangat cocok untuk wisata bersama kelurga maupun rekan bisnis, ataupun yang menginginkan liburan yang jauh dari hiruk pikuk.

8. Panorama Danau Kembar, Danau ini terletak di Kabupaten Solok yaitu di Alahan Panjang. Danau ini terdiri dari dua buah danau, Danau Diatas terletak di pinggir jalan Padang-Muara Labuh sedangkan yang satu lagi Danau DiBawah terletak di nagari Bukit Sileh Kecamatan Lembang jaya. Disebut Kawasan Danau Kembar, karena dua danau, yaitu Danau Diatas dan Danau Dibawah terletak berdampingan yang jaraknya hanya sekitar 300 meter. Kawasan ini lebih dulu dikenal sebagai objek wisata karena terletak di pinggir jalan raya Padang-Muaralabuh-Kerinci.

 

About the Author

Leave a Reply

*