Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram terletak di Kanagarian Taram, Kecamatan Harau, merupakan irigasi yang dulunya dibuat oleh masyarakat secara tradisional dengan cara gotong royong dan semenjak dibangunnya bendungan teknis oleh pemerintah, Kapalo Banda ini ramai dikunjungi masyarakat. Obyek wisata ini terletak di kaki bukit pinggir hutan, tempat wisata yang satu ini sangat unik, banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata ini selain untuk bermain mereka juga sekalian berziarah ke makam dan surau tuo. Lokasi ini juga sering dimanfaatkan untuk kegiatan berburu.

Kapalo Banda Taram terletak di Kenagarian Taram, Kecamatan Harau, Payakumbuh, Sumatera Barat. Jarak dari Kota Payakumbuh adalah sekitar 11,5 kilometer atau memakan waktu sekitar setengah jam dengan perjalanan darat menggunakkan kendaraan bermotor.

Lokasi dengan pemandangan yang sangat hijau dengan bentangan sawah yang luas serta lokasinya yang tak jauh dari hutan, menjadikan suasana di sekitar Kapalo Banda Taram terasa sangat menyegarkan serta membuat betah untuk bersantai berlama-lama disini. Apalagi dengan adanya perbukitan hijau yang turut berkontribusi melengkapi keindahan alam di sekitar objek wisata ini. Kapalo Banda Taram sebenarnya baru menyedot perhatian wisatawan ketika pemerintah kota setempat mulai membangun sebuah bendungan teknis walaupun fasilitas penunjang lainnya memang belum bisa di temukan di lokasi objek wisata ini. Hal ini tak lain karena belum adanya pengelola resmi untuk mengurus fasilitas dan infrastrukturnya. Walaupun begitu, Kapalo Banda Taram tetap ramai dikunjungi wisatawan yang gemar melihat keindahan alam, memancing maupun berburu hewan seperti babi. Ketika berwisata ke sini para wisatawan bisa menggunakan rakit yang sudah disediakan oleh masyarakat, sehingga bisa bersantai dengan rakit bambu di atas perairan yang ada di Kapalo Banda Taram.

Kapalo Banda Taram sering mengadakan acara perburuan babi karena masih dekat dengan rimbunnya hutan. Sehingga, Kapalo Banda Taram ini juga layak dikunjungi bagi para wisatawan yang gemar berburu. Hal menarik yang bisa temukan disini adalah, adanya jenis ikan yang muncul setiap satu tahun sekali. Ikan-ikan yang muncul di sini sangat mirip dengan ikan yang berada di kolam samping Surau Tuo Taram. Walaupun sama-sama di wilayah Taram, tetapi jarak antara Surau Tuo dan Kapalo Banda berjarak cukup jauh yakni sekitar 1 kilometer. Yang masih menjadi pertanyaan, bagaimana ikan ini bisa muncul secara tiba-tiba? Apalagi kemunculannya yang hanya tiap satu tahun sekali.

About the Author

Leave a Reply

*