Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Jejak Kerajaan Inderapura

Jejak Kerajaan Inderapura

Jejak Kerajaan Inderapura

Kerajaan Inderapura yang terletak di Muaro Sakai kenagarian Inderapura kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Bagi yang menyukai tempat yang memiliki nilai sejarah, maka ini adalah tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi, menelusuri jejak Kerajaan Inderapura yang seakan terlupakan mungkin dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi yang menikmatinya, dahulu kala kerajaan Inderapura pernah berjaya pada abad ke 17-18.

Kerajaan ini menjadi rebutan dari berbagai pihak dikarenakan posisinya sebagai kota pantai yang menjadi pusat perdagangan dengan komoditi utama emas dan lada (merica). Hal ini dapat bertahan agak lama karena Kerajaan Inderapura juga memiliki armada laut yang kuat. Dalam beberapa cerita di masyarakat ada yang mengatakan kalau kerajaan Inderapura berada dibawah kekuasaan pagaruyung, tetapi sampai saat ini tidak satupun bukti yang dapat membuktikan Kerajaan Inderapura ini tunduk kepada Kerajaan Pagaruyung. Hal ini dapat dilihat dari cara Kerajaan Inderapura mengurus kerajaannya baik keluar maupun kedalam.

Tidak tersebut nama pagaruyung ketika Kesultanan Aceh menanamkan pengaruhnya di Inderapura. Juga tentang batas kerajaan Inderapura yang hampir sama dengan batas Kerajaan Pagaruyung. Ke utara sampai ke natal airbangis, ke selatan sampai teratak air hitam, ketimur sampai ke Durian ditakuk raja dan sebelah barata adalah samudera Indonesia. Hal ini memang menjadi pertanyaan yang masih misterius untuk diungkapkan apakah ada hubungan antara Kerajaan Inderapura ini dengan kerajaan Pagaruyung.

About the Author

Leave a Reply

*