Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Janjang Saribu

Janjang Saribu

Janjang Saribu

Janjang Saribu yang memiliki arti Tangga Seribu ini, memang memiliki anak tangga yang cukup banyak, yakni dengan jumlah 1000 anak tangga. Tangga ini sendiri dibuat sehingga bisa menyusuri tebing, hingga ke bawah lembah atau ngarai sianok. Umumnya, tiap-tiap desa yang berada di dekat ngarai, memiliki jalan sendiri untuk menuju dasar lembah, ada yang berupa tangga, ada pula yang berupa jalan-jalan setapak. Janjang Saribu merupakan salah satu Lokasi dan Fasilitas untuk Masyarakat Kelurahan Bukit Apit Puhun, Bukittinggi yang sudah ada semenjak 1937.

Wisata Janjang Saribu ini, bukan hanya menantang untuk mencapai dasar ngarai saja. Setelah tiba di dasar ngarai sianok, keindahan alam yang luar biasa, mampu mengobati rasa lelah hingga bisa kembali ke atas lagi atau menikmati suasana di Ngarai Sianok, pemandangan alam selama perjalanan serta celah-celah tebing yang terasa menantang, mampu memacu adrenalin. Jadi, siapkan tenaga dan kondisi untuk meniti seribu anak tangga yang ada di Janjang Saribu ini.

Janjang 1000 belakangan kurang begitu dikenal dikarenakan kurangnya perawatan dan fasilitas. Terlebih sekarang ada kehadiran Janjang Koto Gadang. Sehingga akhirnya membuat pemerintah setempat mulai melakukan perbaikan jalan yang memang disediakan buat warga lokal dan pengunjung agar bisa menikmati kembali keindahan Ngarai Sianok dari lokasi wisata ini.

Lokasi ini memang cocok buat yang menyukai trekking karena lokasinya masih alami dengan jalan yang berliku-liku. Jalanannya sekarang sudah sangat baik dan dibuat dengan batubata sehingga kalau hujan tidak becek lagi. Padahal dulunya kawasan wisata ini sangat becek kalau terkena hujan dan sering juga dijadikan lokasi camping untuk menikmati pemandangan alam Ngarai Sianok. Cerita yang berkembang mengenai Janjang ini memang terdiri atas anak tangga yang berjumlah seribu buah dan digunakan oleh warga lokal buat mengambil air keperluan sehari-hari ke dasar sungai batang sianok yang berlokasi di lembah bukit.

About the Author

Leave a Reply

*