Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Ingin Tahu Sejarah di Bukittinggi? Citilink Bisa Bawa Kita ke Sana

Ingin Tahu Sejarah di Bukittinggi? Citilink Bisa Bawa Kita ke Sana

Indonesia dan beberapa wilayahnya merupukan surganya untuk menjalani liburan. Banyak spot yang indah dengan panorama alamnya yang memukau. Dari semua wilayah yang ada, rasanya tidak bisa mengesampingkan Sumatera Barat. Di sana pun tidak hanya bisa menikmati indahnya panorama alam, melainkan juga berwisata sejarah karena ada banyak lokasi yang mempunyai sejarah yang cukup kental.

Nah jika kita sudah berniat akan melakukan wisata sejarah di Sumatera barat, sedangkan kita tinggal di lokasi yang cukup jauh, jawabannya bisa dengan naik pesawat. Untuk menuju ke Sumatera Barat, ada beberapa maskapai yang bisa digunakan, dan salah satunya adalah Citilink.

Lalu, ada di mana saja lokasi wisata yang penuh dengan sejarah itu? Mari kita lihat di sini;

  1. Benteng Fort de Cock

Benteng yang ada di zaman peninggalan Belanda memang cukup banyak tersebar di Indonesia, tidak terkecuali dengan di Sumatera Barat. Nama benteng peninggalan tersebut adalah Fort de Cock. Benteng tersebut merupakan saksi sejarah akan pentingnya kehidupan perjuangan rakyat Bukittinggi di masa itu.

Sejarah singkat dari benteng nan penting itu adalah dalam terjarinya Perang Paderi di tahun 1803-1838. Ketika itu Kaum Paderi yang dipimpin oleh Imam Bonjol berperang dengan Kaum Adat yang dibantu oleh Pemerintah Hindia Belanda. Lokasi perang tersebut terjadi di Bukit Jirek, tempat yang kini berdiri benteng tersebut.

Lokasinya sendiri ada di Jalan Yos Sudarso, Benteng Pasar Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

  1. Museum Bung Hatta

Nama Muhammad Hatta tentunya menjadi nama yang amat penting untuk negara ini. Dan untuk melihat kebesarannya, kita bisa datang ke Sumatera Barat, tepatnya di Bukittinggi karena di sana terdapat bangunan bernama Museum Bung Hatta. Museum tersebut merupakan tempat yang dulunya menjadi tempat kelahiran dari Bung Hatta, dan menjadi tempat masa kecilnya hingga usianya 11 tahun.

Meski bangunan museum itu bukan merupakan bangunan aslinya, namun memori perjuangan dan hidup Bung Hatta bisa dilihat di sana. Ada cukup banyak koleksi benda yang penuh sejarah dari kehidupan orang nomor dua terbesar itu, mulai dari lampu gantung antik, deretan kursi dan meja, mesin jahit yang pernah dimiliki nenek Bung Hatta, dan masih banyaj lagi. Semua benda tersebut ada yang masih asli, namun ada beberapa yang diganti dengan yang baru, namun masih memiliki kemiripan dengan yang aslinya.

Ingin melihatnya secara langsung? Datang saja ke Jalan Soekarno-Hatta nomor 37, Campago Ipuh, Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

  1. Lobang Jepang

Tidak hanya Belanda yang meninggalkan sejarah penting bagi rakyat Bukittinggi, Jepang pun demikian. Sejarah yang diberikan oleh pemerintahan Jepang di sana adanya Lobang Jepang, yang merupakan bunker atau terowongan yang dibangun pada masa 1942 sampai dengan 1945. Pembangunan tersebut dilakukan oleh orang Indonesia yang dipekerjakan secara paksa oleh para tentara Jepang.

Bunker ini memiliki panjang 1.470 meter, dengan memiliki sebanyak 21 terowongan. Fungsi terowongan tersebut dahulunya dipakai untuk tempat tinggal, ruang amunisi, ruang untuk pertemuan, ruang tahanan, ruang penyiksaan, dan juga menjadi pintu gerbang untuk bisa melarikan diri.

Di dalam bunker yang dulunya gelap dan dingin itu penuh dengan cerita mistis. Semua itu karena kisah kelam yang dialami oleh penduduk Bukittinggi di masa itu. Namun meski begitu, Lobang Jepang ini menjadi salah satu destinasi favorit.

Penasaran untuk mengunjunginya? Lokasinya ada di Jalan Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat.

Nah tiga wisata yang penuh sejarah di Sumatera Barat itu tentunya bisa memberikan banyak informasi di masa lalu. Segera beli tiket Citilink murah dan terbanglah menuju Pulau Sumatera.

About the Author

Leave a Reply

*