Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Hutan Manggrove Painan


Hutan Manggrove Painan

Hutan Manggrove Painan

Hutan Manggrove Painan – Sejak beberapa tahun terakhir tindakan penebangan hutan mangrove tidak lagi ditemukan, bahkan sekitar 400 hektare hutan bakau berhasil diselamatkan oleh warga yang berada di sekitar kawasan yang dianggap rawan penebangan. Hutan mangrove seluas sekitar 400 hektare tersebut tersebar dibeberapa kecamatan yaitu Koto XI Tarusan, Bayang, IV Jurai, Batangkapas, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, Pancung Soal, Lunang dan Silaut, Pesisir Selatan Sumatera Barat. Saat ini masyarakat yang berada disepanjang garis pantai tidak hanya menjaga, namun turut serta menanam mangrove, baik secara swadaya maupun melalui program pemerintah. Berkat adanya informasi dan pemahaman yang diberikan kepada masyarakat terkait arti pentingnya menjaga hutan bakau, akhir-akhir ini penebangan hutan bakau tidak lagi temukan. selain sebagai benteng alami untuk mengurangi dampak abrasi pantai dan gelombang tsunami, mangrove juga bermanfaat untuk tempat hidupnya berbagai binatang laut.

Untuk melakukan pengawasan agar hutan “mangrove” di kabupaten itu tetap lestari, pemkab setempat memberikan kepercayaan kepada masyarakat melalui kelompok masyarakat sekitar yang telah dibentuk. Sepanjang tahun 2013 hingga kini, pemerintah kabupaten (pemkab) setempat telah berhasil menanam sebanyak 10 ribu batang bibit kayu “mangrove” di kawasan pinggir pantai kabupaten itu. Penanaman dilakukan di dua lokasi di Kecamatan Ranah Pesisir yakni di Nyiur Melambai sebanyak 6.500 batang dan Sungai Tunu 3.500 batang.

Hutan “mangrove” memiliki banyak manfaat, tidak saja bagi hewan dan makhluk hidup disekitarnya, tetapi juga bagi kehidupan manusia. Diantaranya, secara fisik “Mangrove” berguna untuk memperkecil risiko ancaman bencana dari laut seperti penahan gelombang, abrasi pantai, laboratorium alam dan tempat wisata. Selain itu juga bermanfaat untuk penahan lumpur yang berasal dari daratan. Sedangkan bagi makhluk yang hidup disekitar pantai yakni sebagai daerah sumber makanan bagi ikan dan sebagainya.

About the Author

Leave a Reply

*