Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Gunung Talang

Gunung Talang

Gunung Talang

Gunung Talang (nama lainnya Salasi atau Sulasi) merupakan gunung berapi yang terletak terletak di kabupaten Solok, Sumatera Barat, Gunung Talang berlokasi sekitar 9 km dari kota Arosuka ibukota kabupaten Solok, dan sekitar 40 km sebelah timur kota Padang. Gunung ini bertipe stratovolcano dengan ketinggian 2.597 m, merupakan salah satu dari gunung api aktif di Sumatera Barat, dan salah satu kawahnya menjadi sebuah danau yang disebut dengan Danau Talang. Gunung Talang sudah pernah meletus berkali-kali sejak tahun 1833 sampai dengan tahun 2007, Ada empat kecamatan yang warganya bermukim di sekitar kaki gunung ini, yakni kecamatan Lembah Gumanti, Danau Kembar, Gunung Talang, dan Lembang Jaya. Jumlah penduduk di empat kecamatan itu mencapai 160.000 jiwa, atau sepertiga dari jumlah penduduk kabupaten Solok.

Ada dua jalur rute pendakian ke gunung talang ini, yaitu berangkat pada gerbang rimba di Desa Bukit Sileh dan Desa Batu Bajanjang. Selama diperjalanan desa terdekat gunung ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan tumbuhan yang hijau dan masih asri serta dapat memanjakan mata para petualang. Hutan gunung ini masih cukup alami dengan banyak kehidupan hewan dan tumbuhannya. Menjelang bulan purnama hutan ini akan ramai dengan suara-suara monyet liar karena merupakan waktu mereka kawin. Selain itu pula suara-suara kicau burung akan sering terdengar selama pendakian.

Tiba di puncak satu pemandangannnya lebih luar biasa lagi. Dari sini dapat disaksikan keindahan panorama danau di atas, danau di bawah dan danau talang dan jika sampai pada puncak gunung talang berawan maka akan disaksikan awan yang berada lebih rendah dari tempat para pendaki berdiri. Dari kejauhan tampak pula beberapa gunung lainnya yang berdiri kokoh, seperti gunung Marapi, Singgalang, Tujuh dan Kerinci. Tentunya panorama indah ini cukup untuk membalas penat yang sudah anda rasakan selama pendakian.

 

 

About the Author

Leave a Reply

*