Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Gunung Singgalang

Gunung Singgalang

Gunung Singgalang

Gunung Singgalang, sebuah gunung yang di provinsi Sumatera Barat, dengan ketinggian 2,877 meter. Dari bentuknya, gunung ini sangat mirip dengan Gunung Merbabu di Jawa Tengah. Gunung ini sudah tidak aktif lagi dan mempunyai telaga di puncaknya yang merupakan bekas kawah, Telaga ini dinamai Telaga Dewi. Gunung Singgalang mempunyai kawasan hutan gunung yang sangat lembap serta memiliki kandungan air yang banyak.

Berdampingan dengan dua gunung lainnya, yaitu gunung Tandikek dan gunung Merapi yang dimana mereka berdiri gagah di wilayah dataran Bukit Tinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Terdapatnya sebuah telaga nan indah yang diberi nama Telaga Dewi menjadi sebuah keistimewaan yang terdapat di Gunung ini. Telaga Dewi yang berada pada ketinggian 2.762 meter diatas permukaan laut (mdpl) ini bisa digunakan untuk keperluan refreshing atau istirahat untuk persiapan dalam perjalanan mendaki Gunung Singgalang.

Untuk fasilitas dan secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung ini, Namun jika membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki gunung. Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Namun belum tersedia toko peralatan pendakian atau barang yang mendukung untuk aktifitas hiking. Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian ke gunung ini sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang dibutuhkan selama masa pendakian agar bisa nyaman melakukan perjalanan liburan.

Kesimpulan

  • Gunung Singgalang mempunyai ketinggian 2.877 meter diatas permukaan laut (mdpl)
  • Gunung Singgalang merupakan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi dan Gunung Tandikek dan merupakan jenis gunung merapi.
  • Terdapat sebuah mata air yang terletak di punggungan gunung.
  • Waktu untuk mendaki bisa mencapai 8 – 10 jam + istirahat dan juga tergantung stamina dari pendaki.
  • Jalur yang ditempuh adalah jalan setapak dengan medan hutan jenis tropis dan bebatuan cadas.
  • Terdapat sebuah Tower pemancar TV di kaki dan di puncak gunung.
  • Adanya sebuah Telaga Dewi pada ketinggian 2762 mdpl yang menjadi tujuan lain dalam mendaki Gunung Singgalang.

 

About the Author

Leave a Reply

*