Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Gedung Indo Jalito

Gedung Indo Jolito

Gedung Indo Jalito

Gedung Indo Jolito adalah salah satu bangunan berarsitektur kolonial peninggalan pemerintah Hindia Belanda di Indonesia yang ada di Batusangkar, ibu kota kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Bangunan ini dibangun antara tahun 1822 hingga 1824 sewaktu terjadinya Perang Padri.  Tidak banyak keterangan yang didapatkan mengenai bangunan ini, selain bahwa bangunan ini pernah menjadi kediaman residen Belanda yakni Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen.

Gedung Indo Jolito kini digunakan sebagai rumah dinas Bupati Kabupaten Tanah Datar dan telah ditetapkan sebagai benda cagar budaya. Pembagian ruangannya adalah setengah sisi sebelah barat merupakan ruang tamu dan sisi sebelah timur terbagi dalam dua ruangan, sedangkan bagian belakang merupakan ruangan makan. Tidak jauh dari Gedung Indo Jolito, terdapat Benteng Van der Capellen, yang kini difungsikan sebagai bangunan pusat informasi pariwisata Kabupaten Tanah Datar.

Gedung Indo Jolito dengan status kepemilikan tanah adalah pemda. Gedung ini berada di tengah Kota Batusangkar. Bangunan ini menunjukan arsitektur Belanda dengan tiang-tiang pilar dan dindingnya yang tebal dan kekar.  Gedung Indo Jalito digunakan sebagai rumah dinas Bupati Kabupaten Tanah Datar dan telah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat. Sebuah bangunan peninggalan Belanda yang dulunya didiami oleh Van der Cappelen. Sekarang juga merupakan tempat dilaksanakannya acara-acara pemerintahan dan kemasyarakatan yang terletak di tengah-tengah Kota Batusangkar.

 

About the Author

Leave a Reply

*