Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Festival Internasional Dragon Boat Padang

Festival Internasional Dragon Boat Padang

Festival Internasional Dragon Boat Padang

Dragon Boat Padang adalah salah satu cabang olahraga yang rutin dilaksanakan di Sumatera Barat, kejuaraan Perahu Naga Internasional di Padang ini mendatangkan peserta dari mancanegara, serta kejuaraan Dayung Tradisional di Pantai Carocok, Painan dan Dharmasraya.

Kegiatan Festival Internasional Dragon Boat Padang setiap tahun dilaksanakan dikawasan banjir kanal GOR H. Agus Salim, Padang. Dan diharapkan dengan event ini dapat melahirkan atlet Sumatera Barat yang bergerak dibidangnya, serta bisa memajukan aspek pariwisata.

Seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, kejuaraan ini juga diikuti instansi, kesatuan, dan klub-klub dalam negeri. Untuk tahun lalu, ada tiga nomor yang diperlombakan, yaitu 22 pendayung kategori putera dan puteri, 12 pendayung kategori putra dan putri, serta 22 pendayung mix. Total hadiah yang akan diperebutkan adalah sebanyak Rp 190 juta, atau sama seperti tahun sebelumnya.

Bercerita mengenai sejarah Dragon Boat/Perahu Naga adalah perahu yang sangat panjang dan sempit yang digerakkan oleh tenaga manusia dan digunakan pada olahraga dayung perlombaan perahu naga. Dalam perlombaan, perahu ini biasanya dihiasi dengan kepala dan ekor naga dan diharuskan untuk membawa genderang besar dalam perahunya. Masyarakat Tionghoa suku Han sering menggunakan istilah “Turunan Naga” sebagai identitas etnis mereka. Di luar kegiatan lomba, hiasan naga biasanya tidak digunakan, tetapi genderang tetap dibawa dalam perahu untuk kepentingan latihan.

Lomba perahu naga sesuai tradisi diadakan untuk memperingati kematian Qu Yuan. Lomba ini merupakan satu-satunya olahraga yang diperingati sebagai libur nasional. Menurut kalender Imlek, acara ini diadakan pada tanggal 5 bulan 5 yang bisanya jatuh pada suatu tanggal di bulan Juni.

Dragon Boat/Perahu naga pada Pekan Olahraga Nasional XIX berlangsung di Situ Cipule, Kabupaten Karawang tahun lalu dan Sebanyak 9 nomor akan dipertandingkan.

 

About the Author

Leave a Reply

*