Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Dendeng Balado

Dendeng Balado

Dendeng Balado

Dendeng balado adalah masakan khas Sumatera Barat dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering. Daging goreng ini lalu diberi bumbu balado. Sedangkan dendeng batokok bahannya sama dengan dendeng balado, bedanya adalah bumbu baladonya bukan memakai cabai merah, namun memakai cabai hijau yang diiris kasar dan daging sapi setelah diiris tipis melebar lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya dagingnya menjadi lembut.

Jika mengerti cara masak dendeng daging sapi ini akan terasa enak, lembut, tapi garing dan renyah. Jika tidak bisa mengolahnya daging akan alot keras saat digigit, tips pemilihan daging dibutuhkan disini dan penting jadi perlu diperhatikan, kemudian cara memotong daging jangan melawan serat katanya daging akan keras, sama dengan pemilihan dan pengolahan masakan rendang daging. Sedangkan untuk rasa bumbu sambal baladonya bisa disesuaikan, misal, manis, asin, pedas, super pedas dan gurih atau sesuai aneka kreasi bikin sendiri.

Daging goreng ini lalu diberi bumbu balado merah pakai cabai merah atau balado ijo pakai cabai hijau. Jadi Balado artinya adalah diberi bumbu sambal istimewa. Sedangkan dendeng batokok bahannya sama dengan dendeng balado enak, bedanya adalah bumbu baladonya bukan memakai cabai merah, namun memakai cabai hijau yang diiris kasar dan daging sapi setelah diiris tipis melebar lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya dagingnya menjadi lembut.

 

About the Author

Leave a Reply

*