Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Danau Biru Sawahlunto

Danau Biru

Danau Biru Sawah Lunto

Danau Biru Sawahlunto – Sawahlunto memiliki beberapa kawasan wisata yang masih belum terjamah, salah satunya Danau Biru yang sedang menjadi perhatian masyarakat luas. Sawahlunto dahulunya merupakan salah satu daerah penghasil batubara di Pulau Sumatra, oleh karena itu Kota Sawahlunto jika dilihat dari atas bukit akan berbentuk seperti kuali. Danau ini merupakan danau tersembunyi dan tidak sengaja terbentuk, danau berwarna biru yang terbentuk dari galian bekas tambang dikawasan Parambahan, Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto, Sumatra Barat. Sawahlunto sebelumnya memang mengandalkan batubara sebagai sumber perekonomian, seiring dengan berjalannya waktu batu bara yang ada di sawahlunto semakin menipis, bekas galian tambang pun terbentuk dengan sendirinya menjadi objek wisata yang sangat indah.

Untuk mencapai lokasi ini pengunjung harus mencapai Taman Satwa kandi terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menyusuri tanah bebatuan di area tambang, Jarak Taman Satwa Kandi ke danau ini sekitar 6 km dan sekitar 11 km dari Kota Sawahlunto. Pengunjung disarankan untuk menggunakan sepeda motor khusus atau sepeda motor maupun mobil yang cukup tangguh untuk melewati medan ini, karena jalan yang berbatu dan cukup tajam akan menjadi tantangan sendiri saat menuju lokasi danau, memang jumlah kunjungan ke Danau ini meningkat cukup signifikan. Pengunjung yag didominasi kawula muda tidak gentar dengan jalan menuju lokasi yang bisa dikatakan cukup menantang.

Danau Biru Sawahlunto ini telah diberi nama oleh masyarakat setempat dengan nama Danau Tamosu atau Danau Biru, danau ini telah menjadi incaran dari masyarakat, baik dalam kota maupun luar kota Sawahlunto. Pengunjung yang datang ke lokasi ini rata – rata mereka yang penasaran dan ingin melihat secara langsung danau tersebut.

Dikarenakan populer di media sosial, Danau bekas galian tambang ini tengah mendapat perhatian dari Pemerintah setempat, terutama dari Dinas terkait. Lokasi ini sedang disurvey dan untuk konsep pengembangan pariwisatanya akan dibahas dengan masyarakat setempat, semoga terwujud keinginan dari semua pihak untuk menjadikan tempat ini menjadi lebih baik lagi dan dikelola dengan baik sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

About the Author

Leave a Reply

*