Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Cagar Alam Rimbo Panti

Cagar Alam Rimbo Panti

Cagar Alam Rimbo Panti

Panti Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat-Indonesia, terdapat kawasan hutan cagar alam yang dikenal dengan nama Rimbo Panti yang banyak terdapat orang-utan dan pada kawasan ini juga terdapat sebuah pemandian air panas dengan kandungan belerang yang cukup tinggi. Kawasan ini berdekatan dengan Gunung Talamau atau juga dikenal dengan nama lainnya Gunung Ophir.

Sekitar 570 hektar dari Cagar Alam Rimbo Panti dijadikan taman wisata karena kekayaan flora dan fauna nya. Ada banyak sekali spesies hewan dan tumbuhan yang menghuni hutan ini. Air terjun, sungai dan sumber air panas yang selalu mengalir dari perut rimbo ini juga menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan. Tak heran jika Rimbo Panti saat ini merupakan Taman Wisata Alam terluas di Sumatra Barat dan dijuluki “Permata Hijau di Pasaman Timur”.

Satwa langka dilindungi dan endemik juga ada di sini, khususnya dari keluarga burung, yaitu Burung kuau (Argusianus argus), Anggang tanduak (Buceros rhinoceros), Alang sarok (Ictinaetus malayanus), dan Raja udang (Ceyx erithacus). Dari keluarga mamalia, Rimbo Panti juga menjadi habitat bagi Beruang madu (Helarctos malayanus), Kukang (Nycticebus coucang), kancil (Tragulus javanicus), hingga Harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae). Rimbo Panti merupakan potensi daya tarik Ekowisata (Wisata berbasis Lingkungan) yang saat ini sedang tren di dunia. Semoga pemerintah daerah, masyarakat Pasaman serta wisatawan menyadari hal ini dan menghidupkan, membangun, membersihkan serta menata kembali “Permata Hijau” demi kelestarian alam dan Pariwisata Sumatera Barat yang lebih berkembang.

About the Author

Leave a Reply

*