Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

British Cementary Bengkulu

British Cementary Bengkulu

British Cementary Bengkulu

British Cementary Bengkulu atau Komplek Pemakaman Inggris dan Belanda ini berjarak 640 m di sebelah timur Benteng Marlborough, Komplek makam ini berada di tengah-tengah pemukiman. Pada komplek makam ini terdapat 15 buah makam dengan bentuk makam yang berupa bangun-an monumental. Pada beberapa bangunan terlihat lebih dari 1 nisan, umumnya terdapat 2 sampai 4 nisan. Berdasarkan pembacaan terhadap nisan-nisan yang terdapat di komplek makam ini diketahui kronologi dari nisan-nisan tersebut berkisar antara tahun 1775 sampai 1940.

Dari pengamatan terhadap kronologi British Cementary Bengkulu diperkirakan komplek makam ini juga digunakan ketika Belanda menguasai Bengkulu. Hal ini terlihat dari nama dan bahasa yang terdapat pada nisan-nisan tersebut. Pada nisan-nisan yang tertua sampai awal abad XIX yang tercantum adalah nama-nama orang Inggris dan keterangan-keterangan lainnya ditulis dalam Bahasa Inggris, sedangkan pada nisan-nisan yang lebih muda nama-nama yang tercantum adalah nama-nama orang Belanda dan keterangan-keterangan lainnya ditulis dalam Bahasa Belanda.

Di kompleks makam ini dulunya terdapat sekitar 1.000 pemakaman yang dengan berbagai macam bentuk dan berbagai ukuran. Berada di lahan seluas 4,5 hektar. Saat ini yang terlihat dan terawat hanya sekitar 53 nisan yang berada di belakang Gereja. Penyempitan lahan tersebut terjadi karena beberapa pembangunan disekitar kompleks makam. Pembangunan tersebut antara lain pembangunan Puskesmas Jitra, Koperasi, Lapangan Volley, Kantor Lurah Jitra, Rumah Camat Teluk Segara, Kantor KUA kota Bengkulu, Gereja, rumah penjaga Gereja, SD N 37 Jitra, dan beberapa rumah penduduk. Bahkan dari penuturan warga terdapat nisan yang berada di dalam rumah penduduk dan sampai sekarang masih ada.

Berdasarkan beberapa sumber ukuran nisan pada waktu itu bagi orang inggris memiliki kriteria. Semakin besar ukuran makam maka semakin tinggi pula pangkat orang yang dimakamkan. Di Kompleks makam ini terdapat berbagai ukuran makam mulai yang hanya mempunyai tinggi 50 Cm. Nisan paling tinggi di kompleks makam ini mempunyai ukuran lebih dari 4 Meter. Di belakang salah satu rumah warga terdapat nisan dengan ukuran yang cukup kecil saat ini dimanfaatkan warga sebagai pembatas umur. Di lain tempat ada yang tertutup lumut hampir tidak terlihat lagi sebagai nisan sebuah makam. Beberapa nisan makam terlihat agak aneh dan menimbulkan pertanyaan, misalnya ada nisan yang bagian atasnya terdapat patung anjing, ada juga nisan yang di bagian belakang terdapat gambar tangan terbuka dengan jari jempol ditekuk berada di telapak tangan. Saat ini kompleks makam ini sudah menjadi cagar budaya yang dilindungi Undang-Undang No 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Saat ini kompleks makam ini selain sebagai tempat wisata juga digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai ruang publik. Setiap sore lokasi ini ramai oleh anak-anak yang bermain menghabiskan waktu.

About the Author

Leave a Reply

*