Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Batang Arau

Batang Arau

Batang Arau

 

Batang Arau adalah nama sungai yang terdapat di provinsi Sumatera Barat, Aliran sungai ini pada bagian muaranya membagi kawasan di kota Padang dengan bukit yang dikenal dengan nama Gunung Padang. Dan pada muara ini juga terdapat sebuah pelabuhan yang bernama pelabuhan Muara. Batang Arau ini berhulu sampai pada kawasan Bukit Barisan.

Dikawasan sepanjang jalan pinggiran muara Sungai ini, dulunya adalah pusat pemerintahan, perdagangan dan jasa pada zaman kolonial Belanda. Hingga kini, jika berkunjung ke tempat ini, wisatawan akan menjumpai deretan gudang-gudang tua milik kolonial Belanda. Ada Museum Bank Indonesia Padang dan gedung kolonial lainnya di sana, sedangkan daerah Pondok menjadi pusat hiburan. Bagi yang menyukai wisata sejarah lokasi ini adalah salah satu pilihan melihat kejayaan masa lampau dan jangan lewatkan untuk foto stop sejenak.

Berbagai pembenahan terus dilakukan oleh Pemerintah setempat guna melestarikan dan menjaga areal di kawasan aliran sungai ini, namun juga butuh semua pihak untuk menjaga dan melestarikan aliran di sepanjang Kawasan ini, terutama masyarakat sekitar.

Rusli Amran dalam bukunya Padang Riwayatmu Dulu mencatat, Opera Constantinopel dan Nyai Dasima yang terkenal pada akhir abad 19 pernah dipentaskan di gedung komedi di kawasan Pondok.

Melangkah sedikit ke arah timur, jejeran gedung tua bergayu campuran Melayu dan Eropa terasa saat menginjakan kaki di Pasar Mudik dan Pasar Gadang. Kesibukan bongkar muat barang terasa kental saat menginjakan kaki di sini. Hingar bingar kota tua masih bisa dirasakan di sini.

Penataan pariwisata terus dilakukan di kawasan ini, pembersihan dan pembenahan menjadi agenda bagi Pemerintah setempat, karena ini adalah warisan peninggalan kolonial dan mempunyai potensi pariwisata yang menjanjikan dengan pengelolaan yang baik.

 

 

 

About the Author

Leave a Reply

*