Search
Reservasi & Bantuan +62 811 6602 898 - +62 812 6602 898

Areal Peternakan Sapi Padang Mengatas

Areal Peternakan Sapi Padang Mengatas

Areal Peternakan Sapi Padang Mengatas

Areal Peternakan Sapi Padang Mengatas – Komplek Peternakan milik Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas, Kementerian Pertanian ternyata punya sejarah panjang. Fasilitas peternakan ini adalah warisan pendudukan Belanda di Indonesia yang sempat menjadi area peternakan terbesar se-Asia Tenggara.Terletak di Kecamatan Luak Limapuluh kota.

Areal Peternakan Sapi Padang Mengatas – Tempat ini sudah berdiri sejak zamannya Belanda menjajah Indonesia. Dan tentu saja yang mendirikannya adalah pemerintah hindia Belanda pada tahun 1916. Banyak sejarah di tempat ini, mulai dari tahun 1955 Padang Mangateh merupakan peternakan yang terbesar di Asia Tenggara, dimana ternak yang dipelihara adalah ternak kuda, sapi, kambing dan ayam. Namun tahun 1958 –1961 terjadi pergolakan PRRI, dan lokasi Peternenakan ini dijadikan sebagai basis pertahanan PRRI sehingga tempat ini rusak berat pada saat itu. Setelah beberapa kali melakukan perubahan di dalam perjalanannya, akhirnya dilakukan kerjasama pembangunan kembali Padang Mangatah antara pemerintah RI & Jerman melalui proyek Agriculture Development Project (ADP). BPTU Padang Mangateh Tahun 1978 Proyek ADP berakhir dan diserahkan kepada Departemen Pertanian dengan nama Balai Pembibitan Ternak – Hijauan Makanan Ternak (BPT – HMT) sesuai dengan SK Menteri Pertanian RI No. 313/Kpts/Org/1978 dengan wilayah kerja 3 propinsi (Sumbar, Riau dan Jambi). Tahun 1978 tempat ini dibiayai oleh Pemda Sumbar dan Pemerintah Pusat. Barulah tahun 1985 seluruh pembiayaan diambil alih oleh pemerintah pusat. Berdasarkan keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia No.292/Kpts/OT.210/4/2002 tanggal 16 April 2002 berubah nama menjadi Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Sapi Potong Padang Mangateh dengan wilayah kerja meliputi seluruh propinsi di Indonesia.

Areal Peternakan Sapi Padang Mengatas – Terlepas dari soal akses untuk bisa berkunjung itu, Pesona kawasan peternakan Padang Mengatas  tidak diragukan akan menyenangkan hati.  Areal peternakan Padang Mengatas lk 280 Ha, yang terdiri dari 268 Ha kebun rumput dan pasture, 12 Ha untuk kandang, kantor, perumahan dan jalan lingkungan dengan status tanah merupakan milik negara dengan bukti Erpacht Vervonding No.202 & 207. Areal peternakan ratusan hektar itu  bertopografi bergelombang dan berbukit landai dengan ketinggian 700 –900 m dari permukaan laut.

Areal Peternakan Sapi Padang Mengatas – Untuk melihat sapi-sapi yang tengah makan di padang rumput yang luas, ada dua jalur jalan yang bisa ditempuh untuk mengitari kawasan peternakan ini. Selain rapi dan lebar, jalan-jalan bagus yang membentang dan membelah padang rumput itu membuat keelokan lokasi kawasan peternakan Padang Mengatas. Dan rasannya tidak cukup kuat kaki melangkah menyusur jalan yang mengitari hamparan padang rumput dimana sapi sapi-sapi dilepas bebas bak sapi-sapi dipertenakan besar di luar negeri sana.

About the Author

Leave a Reply

*